Sejarah Singkat Perkembangan Motocross Dunia.




Balapan motocross adalah olahraga yang pertama kali berkembang di Inggris. Ini adalah bentuk balap motor di trek off-road yang sangat menuntut fisik dan diadakan di segala kondisi cuaca. Ada banyak penggemar motorcross di seluruh dunia yang telah menjadi kecanduan pada olahraga yang memompa adrenalin ini. Membutuhkan kecepatan, intensitas tinggi dan sering menjadi acara olahraga yang spektakuler. Tidak hanya itu, gear motocross benar-benar tampak hebat ketika dipakai oleh siapa pun, bukan hanya pembalap.
penggemar motocrossDi awal abad 20, kompetisi sepeda motor pertama kali muncul di Inggris yang akhirnya berkembang menjadi sebuah perlombaan untuk mencari pembalap pertama yang berhasil menyelesaikan perlombaan melewati garis finish. Tidak butuh waktu lama untuk membuat olahraga ini tumbuh dan populer di luar Inggris. Dengan kesuksesan internasional dan minat yang terus meningkat, olahraga ini kemudian menjadi terkenal sebagai balapan motorcross. ‘Motocross’ kata ini adalah penggabungan dari dua kata dalam bahasa Perancis untuk sepeda motor dan lintas negara.
Kejuaraan motocross paling awal diketahui terjadi pada tahun 1924. Olahraga ini cepat populer selama tahun 1930-an, khususnya di Inggris, dan segera perbaikan dibuat untuk sepeda. Selama periode awal ini ada sedikit perbedaan antara sepeda motor untuk keperluan sehari-hari dan sepeda motor yang digunakan untuk balapan.  Namun seiring dengan meningkatnya popularitas, perbaikan terus dibuat untuk sepeda motor kompetisi. Dan dengan samakin ketatnya persaingan membuat modifikasi sepeda motor balap juga semakin berkembang. Yang terjadi kemudian, frame yang ketat dan  kaku yang biasanya selalu ada pada sepeda motor berubah menjadi sistem suspensi yang lebih baik.
Pada 1952, International Motorcycle Community atau komunitas sepeda motor internasional mengadakan Kejuaraan Sepeda Motor se-Eropa yang, kemudian pada tahun 1957, telah ditingkatkan  menjadi kejuaraan dunia. Pada dekade berikutnya, sepeda motor empat silinder menjadi terkenal dan dikendarai oleh banyak pembalap di berbagai kompetisi. Hal tersebut karena selama ini sepeda motor dua silinder yang meningkat drastis dan menjadi norma. Tidak sampai tahun 1966, olahraga ini masuk ke Amerika Serikat dan terus tersebar ke Kanada menjadi olahraga yang sangat populer.

Hari ini, motorcross telah menjadi olahraga yang jauh lebih besar dengan banyak aspek yang berbeda dibanding waktu lalu. Ada sub-kategori ras seperti ras supercross dan arena cross indoor. Ada juga sub olahraga ini yang sangat populer yang disebut freestyle motocross yang merupakan olahraga ekstrim. Pengendara di olahraga ini dinilai pada kemampuan mereka untuk melakukan trik, melompat dan akrobat menggunakan sepeda motornya. Namun, meskipun banyak inovasi berkembang saat ini, masih tetap ada penggemar setia yang sering berkompetisi motocross ala tahun sebelaum 1970-an di acara vintage motorcross.

Komentar

Postingan Populer