Bahaya Mencuci Motor pada saat Mesin dalam keadaan masih Panas

Mencuci motor merupakan salah satu cara untuk menjaga performa kendaraan kita. aksi yang satu ini terkadang terdengar sebagai hal kecil dan sering dianggap sepele.

Masih banyak sekali orang yang asal-asalan dalam mencuci motor. padahal  mencuci motor bisa beresiko pada kerusakan mesin terutama ketika mesin dalam keadaan masih panas. Paling tidak, mencuci motor yang mesinnya masih panas akan membuat motor tidak mau hidup (tidak mau distarter). Dalam kasus lain yang lebih ekstrim setang piston bisa bengkok., blok mesin bahkan dapat retak.


Teorinya seperti ini:

“logam panas dan air dingin adalah dua hal yang saling bertentangan. Hukum fisika dasar menyebutkan bahwa perubahan suhu secara tiba-tiba dapat merusak bagian logam”

Nah, hal itu pula yang akan terjadi ketika motor dengan kondisi mesin masih panas langsung diguyur air karena akan dibersihkan. Pada saat kondisi mesin panas, bahan material yang terbuat dari besi akan memuai, lalu di dinginkan secara cepat dengan air karena perubahan suhu yang tiba-tiba maka besi akan berubah bentuk . Kang bro pasti sudah tahu jika besi yang panas jadi mudah bengkok. 

Jadi untuk menghindari hal tersebut, ketika Kang Bro akan mencuci motor kesayangan, alangkah baiknya jangan dalam kondisi mesin masih panas, Paling tidak, didiamkan dulu sekitar 15 menit agar ada proses pendinginan secara alami. (CMIIW)

 


Salam Torobos


Komentar

Postingan Populer